Saturday, June 7, 2014

Asbabunnuzul QS al Isra’ [17] : 85

Manusia diberkahi panca indra sebagai sarana intuk menyerap seluruh informasi. Karenanya, ada banyak hal yang tidak bisa dicerna oleh manusia, ketika hal tersebut tidak bisa direspon oleh pancar indra. Salah satu hal yang tidak terrespon oleh panca indra diantaranya mengenai Ruh. QS al Isra’ [17] : 85 merupakan penegasan dari Allah bahwa manusia pada dasarnya tidak dibekali kemampuan untuk mengetahui Ruh, kecuali hanya sedikit. berikut adalah asbabunnuzul ayat tersebut:
qs al isra' [17] ayat 85
Telah menceritakan kepada kami Qais bin Hafsh berkata, telah menceritakan kepada kami 'Abdul Wahid berkata, telah menceritakan kepada kami Al A'masy Sulaiman bin Mihran dari Ibrahim dari 'Alqamah dari 'Abdullah berkata, "Ketika aku berjalan bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di sekitar pinggiran Kota Madinah, saat itu beliau membawa tongkat dari batang pohon kurma. Beliau lalu melewati sekumpulan orang Yahudi, maka sesama mereka saling berkata, "Tanyakanlah kepadanya tentang ruh!" Sebagian yang lain berkata, "Janganlah kalian bicara dengannya hingga ia akan mengatakan sesuatu yang kalian tidak menyukainya." Lalu sebagian yang lain berkata, "Sungguh, kami benar-benar akan bertanya kepadanya." Maka berdirilah seorang laki-laki dari mereka seraya bertanya, "Wahai Abul Qasim, ruh itu apa?" Beliau diam. Maka aku pun bergumam, "Sesungguhnya beliau sedang menerima wahyu." Ketika orang itu berpaling, beliau pun membaca: '(Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah: "Ruh itu termasuk urusan Rabbku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit) ' (Qs. Al Israa`: 85). Al A'masy berkata, "Seperti inilah dalam qira`ah kami."
Manusia bukan tuhan yang mengetahui segalanya. Manusia sudah banyak memiliki hal yang patut disyuruki, terlepat dari "keterbatasannya". Kenali batas-batasnya, fokus pada anugrah yang diberikan. Insya Allah kebahagiaan akan selalu mendamping. Gandakan kebahagiaan tersebut dengan cara mensyukurinya. Semoga tulisan ini bisa memberikan informasi, serta cara pandang dalam menjalani kehidupan ini.