Tuesday, June 17, 2014

Penjelasan QS al Anfaal[8]:72

QS al Anfaal [8] ayat 72 menjelaskan mengenai bagimana seorang muslim itu bisa saling memberikan pertolongan kepada muslim lainnya. Dalam konteks ayat tersebut, saat itu dikisahkan mengenai pertolongan muslim bagi muslim lainnya yang sedang berhijrah, dengan cara menyediakan tempat bermukim. Dari ayat tersebut, bisa memunculkan banyak persepsi. Dalam kesempatan ini, Asbab an Nuzul akan melihat dari sudut pandang finansial. Sebagai seorang muslim, secara tidak langsung kita diperintahkan untuk hidup mapan. Kemapanan ini akan sangat bermanfaat ketika digunakan untuk menolong sesama yang membutuhkan. Bagaimana kita bisa memberikan pertolongan, sementara kondisi kita belum mampu melakukannya. Jangankan untuk menolong orang lain, menolong diri sendiri agar bisa surfive saja kesulitan. Karenanya, perbesar peluang kita agar bisa menolong orang lain, salah satunya melalui kemapanan secara finansial.
Untuk melengkapi pendapat tersebut, mari kita kaji sebuah hadits shahih yang didalamnya dikisahkan problematika terkait dengan kandungan makna dalam QS al Anfaal [8] ayat 72. Hadits ini terdapat dalam kitab Shahih Bukhari dengan nomor 1485 serta dalam kitab Fathul Bari dengan nomor 1588. Berikut adalah redaksi haditsnya!
quran surat al anfaal ayat 72
Telah menceritakan kepada kami Ashbagh berkata, telah mengabarkan kepada saya Ibnu Wahb dari Yunus dari Ibnu Syihab dari 'Ali bin Husain dari 'Amru bin 'Utsman dari Usamah bin Zaid radliallahu 'anhum bahwa dia berkata: "Wahai Rasulullah, dimana anda akan singgah di Makkah ini?". Beliau berkata: "Apakah 'Uqail meninggalkan rumah yang luas atau rumah-rumah?". 'Uqail dan Tholib mendapatkan warisan dari Abu Tholib sedangkan Ja'far dan 'Ali radliallahu 'anhuma tidak mewarisi sedikitpun karena keduanya adalah Muslim sedangkan 'Uqail dan Tholib kafir. Dan adalah 'Umar bin Al Khaththob radliallahu 'anhu berkata: "Seorang mu'min tidak mewariskan kepada orang yang kafir". Ibnu Syihab berkata: "Mereka menafsirkan firman Allah Ta'ala QS Al Anfaal ayat 72 (yang artinya): ("Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwa mereka di jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan menolong (orang yang berhijrah) mereka itu satu sama lain saling melindungi").