Friday, June 20, 2014

Penjelasan QS al Baqarah[2]:197 Bag III

quran surat al baqarah ayat 197
Telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Minhal telah menceritakan kepada kami Husyaim berkata, telah mengabarkan kepada saya Hushain bin 'Abdurrahman dari Asy-Sya'biy dari 'Adi bin Hatim radliallahu 'anhu berkata: Ketika turun QS Al Baqarah ayat 197 ("… hingga terang bagi kalian benang putih dari benang hitam yaitu di waktu fajar"), maka aku mengambil benang hitam dan benang putih lalu aku letakkan di bawah bantalku untuk aku lihat pada sebagian malam namun tidak tampak olehku. Maka di pagi harinya aku menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu aku ceritakan hal tadi. Maka Beliau bersabda: "Sesungguhnya yang dimaksud dengan ayat itu adalah gelapnya malam dan terangya siang".

Keterangan Hadits :
Hadits terdapat dalam kitab Shahih Bukhari dengan nomor hadits 1783 dan kitab fathul bari dengan nomor 1916. Menurut ijma ulama, hadits ini termasuk dalam kualifikasi hadits shahih. dengan keshahihannya, hadits ini bisa dijadikan hujjah. Hadits ini termasuk dalam kelompok hadits yang berkaitan dengan al Qur’an. Matan hadits berisikan mengenai penjelasan atas kalimat yang ada dalam QS al Baqarah ayat 197, yaitu mengenai "… hingga terang bagi kalian benang putih dari benang hitam yaitu di waktu fajar". Dalam konteks ilmu tafsir, hadits ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk mentafsirkan QS al Baqarah ayat 197, tepatnya dengan model tafsir bil ma’tsur.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.