Monday, June 23, 2014

Asbabunnuzul QS an Nisaa'[4]:97

Asbabunnuzul Quran Surat an Nisaa' ayat 97
Telah bercerita kepada kami 'Abdul 'Aziz bin 'Abdullah telah bercerita kepada kami Ibrahim bin Sa'ad Az Zuhriy berkata telah bercerita kepadaku Shalih bin Kaisan dari Ibnu Syihab dari Sahal bin Sa'ad As-Sa'idiy bahwa dia berkata: "Aku melihat Marwan bin Al Hakam sedang duduk di masjid lalu aku menemuinya hingga aku duduk di sampingnya lalu dia mengabarkan kepada kami bahwa Zaid bin Tsabit mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membacakan ayat 97 Surah an-Nisaa' kepadanya yang artinya ("Tidaklah sama orang-orang yang duduk-duduk saja (tidak ikut berperang) dari kalangan Kaum Mu'minin dengan orang-orang yang berjihad fii sabilillah…"), maka datang Ibnu Ummu Maktum kepada Beliau padahal Beliau sedang membacakan ayat itu kepadaku dengan berkata: "Wahai Rasulullah, seandainya aku mampu berjihad pasti aku akan berjihad". Dia adalah seorang yang buta. Maka Allah Tabaaraka Wa Ta'ala menurunkan ayat kepada Rosul-Nya pada saat paha Beliau sedang berada diatas pahaku dan aku merasa berat dengan paha Beliau tersebut (karena beratnya wahyu yang Beliau terima) hingga aku khawatir pahaku retak. Kemudian Beliau tenang kembali. Maka Allah 'AZZA WAJALLA menurunkan firman-Nya (kelanjutan ayat tersebut) yang artinya: ("Yang tanpa memiliki alasan…").

Keterangan Hadits:
Hadits di atas diambil dari kitab Shahih Bukhari nomor 2548. Selain dalam kitab Shahih Bukhari, hadits dengan sanad dan matan yang sama juga terdapat dalam kitab Fathul Bari nomor 2753. Menurut ijma ulama’ hadits Bukhari nomor 2548 termasuk dalam kategori hadits shahih. Sehingga bisa dijadikan sebagai referensi dalam mengkaji makna sebuah ayat, atau dalam rangka mencari solusi atas permasalahan. Matan hadits berisi mengenai penjelasan Rasulullah terhadap QS an Nisaa' ayat 97. Selain sebagai penjelasan, hadits ini juga sebagai asbabunnuzul kalimat selanjutnya dalam QS an Nisaa' ayat 97. Lebih jelasnya, sesuai dengan yang tertera pada redaksi hadits yang telah di sampaikan di atas.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.