Saturday, June 7, 2014

Asbabunnuzul QS. Shaad [38] : 35

QS. Shaad [38] : 35 berisi sebuah do'a yang artinya "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi". Pada saat seperti apa do'a tersebut diungkapkan? Oleh siapa do'a tersebut di curahkan? berikut adalah riwayatnya!
asbabunnuzul surat shaad ayat 35
Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim berkata, telah mengabarkan kepada kami Rauh dan Muhammad bin Ja'far dari Syu'bah dari Muhammad bin Ziyad dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Sesungguhnya 'Ifrit dari bangsa Jin baru saja menggaguku untuk memutus shalatku tapi Allah memenangkan aku atasnya, dan aku berkehendak untuk mengikatnya di salah satu tiang masjid sampai waktu shubuh sehingga tiap orang dari dapat kalian dapat melihatnya. Namun aku teringat ucapan saudaraku Sulaiman Alaihis Salam ketika berdo'a: '(Ya Rabb, anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak akan dimiliki oleh seorangpun setelah aku) ' (QS. Shaad: 35). Rauh berkata, "Kemudian beliau mengusirnya dalan keadaan hina."
Semoga tulisan sederhana ini bisa memberikan efek meningkatkan keimanan kita. Bacaan paling baik tidak lain hanyalah membaca al Qur'an, apa lagi jika disertai dengan niatan untuk mempelajarinya lebih dalam. Dan salah satu cara untuk mengkaji secara mendalam diantaranya melalui mengkaji asbabunnuzulnya agar pemahaman kita sesuai dengan konteks pada saat ayat tersebut diturunkan. Semoga upaya ini bisa menjadi amal ibadah bagi kita semua.