Sunday, June 15, 2014

Penjelasan QS al Ahzab [33] : 21 tentang Uswatun Hasanah

Rasulullah merupakan prototype manusia sempurna. Segala sesuatu yang dilakukan oleh Rasulullah, sebelumnya telah melalui proses filtering. Dan sesungguhnya pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik. Begitu juga dalam hal ibadah. Apa yang dicontohkan oleh Rasulullah, maka itu lah yang kita lakukan. Yang tidak dicontohkan, ya jangan dilakukan. Seperti itulah saya menangkap kandungan makna sebuah hadits shahih nomor 1037 dalam kitab Shahih Bukhari. Berikut adalah riwayatnya:
quran surat al ahzab ayat 21
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sulaiman berkata, telah menceritakan kepada saya Ibnu Wahb berkata, telah menceritakan kepada saya 'Umar bin Muhammad bahwa Hafsh bin 'Ashim menceritakan kepadanya berkata; " Ibnu 'Umar radliallahu 'anhumaa mengadakan perjalanan lalu berkata: "Aku pernah menemani Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan aku tidak melihat Beliau melaksanakan shalat sunnah dalam safarnya". Dan Allah subhanahu wata'ala telah berfirman: "Sungguh telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu". (QS. Ahzab 21).

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.