Sunday, June 15, 2014

Asbabunnuzul QS al Baqarah [2]:238 tentang Kesempurnaan Shalat

Pernah kah anda melihat orang yang ketika shalatnya berbicara? Di zaman rosul pernah ada orang seperti itu. Akan tetapi, perbuatan itu ditegur oleh Allah SWT melalui QS al Baqarah [2] ayat 238. Berikut adalah riwayat yang menjadi asbabunnuzul turunnya QS al Baqarah [2] ayat 238:
asbabunnuzul quran surat al baqarah ayat 238
Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Musa telah mengabarkan kepada kami 'Isa dia adalah putra Yunus dari Isma'il dari Al Harits bin Syubail dari Abu 'Amru Asy Syaibaniy berkata; Zaid bin Arqam berkata, kepadaku: "Sungguh kami pernah berbicara ketika sedang shalat hingga ada seorang diantara kami yang berbicara dengan temannya tentang kebutuhannya sampai kemudian turun firman Allah Ta'ala (dalam surah Al Baqarah) "Peliharalah seluruh shalat kalian dan shalat Al Wustha dan berdirilah (dalam shalat) untuk Allah dengan khusyu'". (QS. Albaqarah, 238), Maka kami diperintah untuk diam".
Hadits ini menurut ijma’ ulama termasuk dalam kategori hadits shahih. Hadits ini terdapat dalam kitab Shahih Bukhari dengan nomor1125, dan dalam kitab Fathul Bari dengan nomor 1200.